Tips Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise Yang Wajib Dipelajari

Tips Memulai Bisnis Waralaba atau Franchise Yang Wajib Dipelajari

Whitepartyaustin – Bagi seseorang yang baru memulai bisnis, waralaba adalah pilihan bisnis yang tepat. Waralaba dianggap cara paling aman karena Anda tidak memulai dari awal.┬áProduk dan strategi penjualan sudah disiapkan oleh pemilik bisnis, Anda hanya perlu menyiapkan modal dan move on.

Namun, jika membayangkan membuka bisnis waralaba akan membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah, itu hanya bayangan.

Seperti bisnis lainnya, membuka bisnis waralaba juga membutuhkan usaha untuk terus berkembang. Ketekunan dan fokus diperlukan untuk bisnis waralaba untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.

Banyak orang yang tertarik dengan jenis bisnis ini, namun banyak yang masih belum tahu harus mulai dari mana. Pada dasarnya, bisnis waralaba hanyalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan oleh pemiliknya untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk berhasil dalam bidang franchise, diperlukan upaya-upaya lain.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk sukses dalam bisnis franchise. Jika Anda salah satu yang ingin merasakan kesuksesan menjalankan bisnis waralaba, berikut beberapa tipsnya.

1. Pilih perusahaan yang tepat

Berbisnis itu seperti memiliki hobi, jika tidak dinikmati maka bisnis tidak akan berjalan dengan maksimal. Berbisnis juga termasuk dalam kerajinan, jika tidak ahli di dalamnya akan sulit untuk mengembangkannya. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise.

Sebelum memutuskan jenis bisnis dan merek mana yang akan dipilih, lakukan riset dan lihat apakah bisnis itu tepat untuk Anda. Lihat keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkannya. Anda mungkin menerima pelatihan dasar tergantung pada jenis waralaba yang ditawarkan.

Namun, tetap dibutuhkan kemauan dan keterampilan Anda untuk mengembangkannya.

2. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis akan menjadi syarat dalam memulai bisnis, termasuk franchise. Merek yang Anda bawa mungkin sudah sangat terkenal, tetapi jika Anda salah menaruhnya, penghasilan Anda akan stagnan.

Untuk hasil yang maksimal, pilih lokasi di tengah keramaian. Simpan bisnis Anda di lokasi yang terlihat jelas dan dapat dilalui dengan berjalan kaki oleh banyak orang. Cara ini cukup efektif dalam menarik lebih banyak konsumen dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

3. Personalisasi bisnis dengan penuh semangat

Banyak pilihan bisnis yang tersedia di bidang waralaba. Dari dapur, kafe, restoran, lounge hingga toko serba ada. Sesuaikan pilihan investasi Anda dengan bidang yang benar-benar Anda minati dan Anda kuasai, baik dari segi pengetahuan, target pasar maupun rencana promosi dan manajemen.

Menjalankan bisnis berdasarkan passion atau minat akan membuat Anda lebih tangguh dalam menghadapi tantangan bisnis.

4. Ketahui franchise yang ingin Anda beli

Sebelum memilih waralaba untuk dibeli, kenali dengan cermat merek, persyaratan royalti, dan sistem waralaba. Setiap bisnis franchise harus memiliki standar operasional yang ketat untuk menjaga brand awareness.

Semakin ketat dan baik sistem waralaba, semakin banyak pilihan yang tersedia. Selain sistem, pertimbangan lain ketika memilih franchise adalah masalah biaya, biasanya setiap franchisor memiliki aturan sendiri dalam hal pembagian biaya.

Lakukan riset dan pelajari sistem tarif split agar Anda tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Saya juga mempelajari indikasi atau kemungkinan franchisor untuk mengubah kebijakannya di masa depan.

5. Kenali potensi pasar

Setelah Anda memeriksa bisnis waralaba yang Anda pilih, cari tahu juga tentang segmentasi pasar bisnis tersebut. Jangan sampai segmen pasar yang ada berbeda dengan target selama ini. Ketahui daya beli, kebutuhan, dan minat masyarakat lokal terhadap produk yang Anda pilih.

Memiliki analisis potensi pasar atau segmentasi sangat penting karena berkaitan dengan akurasi pengembalian modal untuk bisnis yang akan dijalankan dan durasi bisnis.